aiem.. punjab

Jumat, 04 Januari 2013

Tuban bukan kata adobsian dari “arab”, tuban murni bahasa jawa timur tercinta.


Jalan jalan ke jawa timur kurang afdhol rasanya kalau tidak singgah dulu di kab. Tuban. Kota pesisir yang terkenal dengan sea food nya dengan rasa khas “pedas”. Selain itu kota kecil yang terletak di paling ujung barat propinsi jawa timur ini memiliki suatu keunikan di samping namanya ““ yang berasal dari cikal bakal (keluar air ), berawal dari kisah seorang dari negeri Tirai Bamboo yang berlayar ke Indonesia untuk mencari Sunan Bonang yang di kenal banyak orang sebagai seorang yang handal dan sakti mandraguna, selain kekuatan fisik sunan bonang juga terkenal dengan kepandaian nya dalam adu argumen. Orang Cina yang penasaran akan sosok Sunan Bonang pergi berlayar ke Jawa sambil membawa sepeti kitab – kitab sebagai bahan untuk adu argument dengan Sunan Bonang. Namun tiba – tiba di tengah perjalanan badai menghantam perahu orang cina tersebut sampai semua kitab yang di bawah nya tenggelam di laut. Namun pada saat itu orang cina beserta kapal yang di tumpanginya selamat, namun aneh nya kapal yang di tumpanginya itu tidak bisa bergerak maju, mundur dan kearah utara. Hanya bisa berjalan kea rah selatan saja. Akhirnya sampailah orang cina tersebut ke pantai Tuban. Disana dia melihat seseorang berbaju putih sambil membawa tongkat. Di tanyalah orang itu: “hei, pak tua. Taukah kamu tempat saya terdampar ini ?” “ oh, anda terdampar di pantai Tuban “ jawab pak tua itu. “wah kebetulan sekali, tujuan saya memang ke Tuban untuk mencari orang bernama Sunan Bonang” “untuk apa kisana mencari beliau ?“tanya pak tua itu “saya sangat penasaran dengan sosok Sunan Bonang yang terkenal arif, bijaksana dan terkenal dengan ilmu kanuragan serta kecerdasan yang tinggi. Saya ingin tau sebebrapa tinggi ilmu nya, oleh karena itu saya jauh – jauh datang dari negri seberang untuk adu argument dengan nya . Tetapi saya bernasib malang kitab- kitab yang saya bawa dari cina telah tenggelam akibat badai laut. Saya tidak bisa berbuat apa – apa “ Orang tua itu manggut – manggut, dan tiba – tiba manancapkan tongkat nya ke tanah, selang beberpa waktu tongkat itupun di cabut kembali dan keluarlah air yang sangat deras dan ajaibnya keuar pula kitab –kitab orang cina yang hilang terhempas badai. Dari situlah orang Cina itu menyadari bahwa orang yang di hadapan nya bukan lah orang sembarangan, dia sangat sakti mandraguna. Dia pun berfikir mungkinkah orang yang ada di hadapan nya itu tak lain adalah Sunan Bonang yang selama ini dia cari. Seketika itu orang cina tersebut bersujut dan meminta ampun serta bersedia menjadi pengikut serta murid Sunan Bonang. Dan mata air yang terpancar dari tongkat itulah kemudian sekarang di buat sumur yang bernama “sumur agung”, yang terletak di pemakaman sunan bonang tepat nya di belakang masjid agung tuban. Dinamakan sumur agung karena selain ukuan nya yang besar, sumur agung ini juga tidak pernah kering meskipun di musim kemarau sekalipun. itu cerita dari penduduk tuban sekitar wilayah pesisir. Sedangkan bagi penduduk wilayah agraris atau masyarakat pertanian, penamaan istilah tuban yaitu berasal dari kata Watu Tiban (batu jatuh) karena pada saat itu ada meteorid yang jatuh di bumi dan serpihan – serpihan batu meteor itu jath di kota tuban, tepat nya di persawahan milik penduduk sekitar. Disebut lah Tuban. Dan masih ada lagi cerita lain nya tentang asal usul kata “Tuban” . Yang jelas tuban itu istilah jawa , bukan istilah arab yang kebanyakan alumni pesantren memaknainya jorok yaitu tuban=“celana dalam “. Sangat tidak relevan sekali dengan sejarah nya. Itulah asal usul terbentuk nya istilah “ tuban”. Berbicara tentang sejarah nya saja yang begitu unik dan menarik, apalagi kalau kita bisa menikmati berbagai wisata alam yang eksotis lagi bersejarah disana. Diantaranya : 1. Gua : Gua Putri Asih( Montong), Gua Akbar, Gua Pondok, Gua Ngerong(Rengel), Gua Angin (Fdi Sekitar Pantai Sowan) Gua Rambut (Terletak Di Daerah Semen, Di Tengah Hutan Lindung) 2. Pantai : Boom Beach, Sowan Beach, Mangroof (yaitu wisata pantai yang dihiasi tumbuhan bakau, serta mangroof di jenu ) 3. Tempat ibadah dan ziarah: Masjid Agung Tuban (peninggalan sunan bonang), Klenteng Kwan Sing Bio (salah satu klenteng yang menghadap ke laut,yang ,merupakan klenteng tertua dan terbesar di Asia Tenggara), Makam Sunan Bonang, Dan Makam Ki Abdul Jabar 4. Museum Pusat “Kambang Putih” (berada di depan alun alun). 5. Pemandian Air Panas, Serta Kolam Renang Alami Bektiharjo,Air Terjun Nglirip Dan masih banyak lagi. Selain tempat wisata tuban juga mempunyai mi numan dan buah khas yaitu “Legen” dan buah Siwalan dan satu lagi makanan khas tuban yaitu “Putu Ayu”. Rugi banget kalau jalan – jaln ke Jawa Timur tanpa mampir ke Tuban. Dan akan lebih rugi lagi kalau di tuban cuma jalan –jalan tanpa mengicipi makanan khas nya yang pedas serta membeli oleh – oleh khas Tuban. Selamat mencoba,,,,, ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto saya
q suka hal yan g baru,suka membuat orang ketawa.suka mendramalisir suasana